• Jln. Pasir Kandang No. 4 Padang

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email pasca@umsb.ac.id

Program Pascasarjana UMSB mengadakan perjanjian kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan AGPAII Sumatera Barat

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) oleh Direktur Program Pascasarjana UMSB dengan Ketua AGPAII Sumatera Barat

[HUMAS-UMSB]. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengadakan perjanjian kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan AGPAII (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia) Wilayah Sumatera Barat. Pada hari Kamis, (04/06/2020).

Acara ini dibuka dengan penyambutan kedatangan Tim Penandatanganan dari AGPAII Sumatera Barat yakni Bapak Rimelfi, S.PdI, M.M, MA yang merupakan Ketua AGPAII Sumatera Barat sekaligus anggota hubungan luar negeri DPP AGPAII, yang juga merupakan guru PAI di SMA 1 Padang. Dari pihak UMSB yang turut hadir dalam pertemuan ini Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA, Direktur Pascasarjana, Dr.Mayudin Ritonga, MA, Kaprodi PAI Pascasarjana Dr. Ahmad Lahmi, MA. Dan Dosen Pascasarjana UM-SB Dr.Rahmi, MA.

Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengadakan perjanjian kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan AGPAII

Poin-poin Perjanjian Kerjasama yang disepakati dalam Nota Kesepahaman ini antara lain :

  1. PPs UMSB yang telah terakreditasi B menjadi pilihan bagi guru yang tergabung dalam organisasi profesi AGPAII wilayah sumatera Barat
  2. Biaya Pendaftaran sampai 30 Juni digratiskan.
  3. Calon Mahasiswa Pascasarjana yang di Rekomendasikan oleh AGPAII Sumatera Barat dpat potongan uang pengembangan 50% (lima puluh persen) hinggga tamat.
  4. Biaya Kuliah dapat dicicil dua kali cicilan.
  5. Waktu perkuliahan dapat fleksibel.

Dalam MOU ini kedua belah pihak sepakat untuk mengembangkan kerjasama berikutnya dengan dalam berbagai bidang yang terkait dengan peningkatan mutu PAI di Sumatera barat serta peningkatan kompetensi guru PAI di Wilayah Sumatera Barat, baik dalam bentuk pendidikan dan pengajaran, pelatihan bagi guru, bahkan membuka peluang bagi kedua belah pihak untuk bekerjasama dalam melakukan research yang terkait dengan pendidikan agama Islam.

Rimelfi, S.PdI, MM, M.A, berharap dengan penandatangan MOU kerjasama yang dilakukan Program Pascasarjana UMSB mengadakan perjanjian kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan AGPAII Wilayah Sumatera Barat, dapat menguntunngkan kedua belah pihak terutama bagi AGPAII, PPs UMSB dapat menjadi pilihan utama bagi guru PAI untuk melanjutkan studi ke jenjang magister.

Dr. Riki Saputra, MA selaku Rektor UMSB. Menyatakan bahwa kerjasama perguruan tinggi dengan berbagai pihak adalah sesuatu yang sangat penting, hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur PPs Dr. Mahyudin Ritonga, MA, bahwa Prodi S2 Magister Pendidikan Agama Islam UMSB yang sudah akreditasi B harus memperluas jejaring terutama dengan pihak yang terkait secara langsung dengan bidang keilmuan PAI, apalagi dalam waktu dekat PPs UMSB akan segera mengajukan borang untuk mendapatkan izin pembukaan program S3 PAI di PPs UMSB. Jika itu terealisasi maka guru-guru PAI yang telah S2 dan tergabung dalam AGPAII akan mendapatkan berbagai keringanan dan pelayanan yang prima jika melanjutkan studi pada PPs UMSB.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) oleh Direktur Program Pascasarjana UMSB dengan Ketua AGPAII Sumatera Barat dan Foto bersama.